Ragam  

RDP dengan Bapenda Purwakarta, Komisi II DPRD Pertanyakan Tidak Tercapainya PAD 2023

RDP dengan Bapenda Purwakarta, Komisi II DPRD Pertanyakan Tidak Tercapainya PAD 2023
RDP dengan Bapenda Purwakarta, Komisi II DPRD Pertanyakan Tidak Tercapainya PAD 2023/ Foto: Humas DPRD Purwakarta

Gosip Bintang – Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Rapat tersebut sebagai Evaluasi Kinerja Triwulan I menuju Triwulan II, Jumat 31 Mei 2024.

RDP berlangsung di ruang Komisi II gedung DPRD Kabupaten Purwakarta, Jl. Ir. Juanda, Ciganea, Jatiluhur, dipimpin oleh Sekretaris Komisi II, H. Alaikassalam, SH.I (F. PKB) dan anggota Komisi II, Fitri Maryani (F. Gerindra).

Dari Bapenda Pemkab Purwakarta yang hadir pada RDP yaitu Kepala Bapenda, DR. Aep Durohman, M.Pd., Sekretaris Bapenda Iman Abdurachman, SE, Kepala Bidang (Kabid) Pendataan dan Penilaian, Cucu Mohamad Achfas, S.Sos., Kabid Pelayanan, Pengolahan Data, Verifikasi dan Penetapan, Krisbanuk, SE dan Kepala Bidang Penagihan, Keberatan, dan Evaluasi Pelaporan, Irfan Suryana, S.Sos dan sejumlah Staff Bapenda yang dihadirkan.

BACA JUGA:  Kampanye Akbar Prabowo-Gibran "Rapat Santri Milenial Banten" di hadiri Caleg PKB, Relawan AMIN dan Pendukung Ganjar-Mahfud

Dalam Pembahasan pada RDP tersebut, Fitri Maryani anggota Komisi II DPRD Kabupetan Purwakarta mempertanyakan soal tidak tercapainya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

Tak cuma itu, Komisi II juga mempertanyakan bagaimana kesiapan Bapenda meningkatkan pendapatan guna mengatasi gagal bayar Pemkab Purwakarta kepada pihak ketiga akibat defisit anggaran PAD.

Selanjutnya, Fitri Maryani juga menyoal apa saja yang sudah dan sedang dilakukan Bapenda dalam menggali potensi Wajib Pajak (WP) baru.

Kemudian soal proyeksi pencapaian pada triwulan II, Solusi mengatasi WP yang masih punya piutang.

BACA JUGA:  GRIB Jaya Nyatakan Dukungan kepada Prabowo-Gibran, Hercules: Jika Terpilih Tidak Akan Menipu Rakyat

“Tugas Kami sebagai fungsi pengawasan perlu mempertanyakan hal-hal tersebut untuk mengevaluasi kinerja Bapenda pada triwulan I menuju triwulan II. Untuk Kami ingin mendapatkan penjelasan secara komprehensifdari Bapenda,”kata anggota Komisi II DPRD Purwakarta, Fitri Maryani bertanya kepada Kepala Bapenda dan jajarannya. “Silahkan dijelaskan,”tandasnya.

Pada akhir RDP, pimpinan rapat Alaikassalam yang akrab disapa Alek, meminta pihak Bapenda agar melaksanakan apa yang sudah dipaparkan pada RDP.

“Pihak Bapenda sudah melihat potensinya, hambatannya, solusinya sudah digambarkan semuanya. Tinggal pelaksanaan kebawahnya. Kalau memang apa yang tercantum pada laporan semoga bisa mencapai hasil. Tapi kalau tidak dilaksanakan ya moal (tidak=sunda) tercapai. Mudah mudahan realisasi untuk tahap akhir dibulan Desember 2024 diharapkan bisa terlaksana. Rapat hari ini kita akhiri. Terimakasih atas kehadirannya, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,”pungkas Alek menutup RDP hari itu. ****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *