Ragam  

Survei Terbaru 5 Lembaga Survei: Pasangan Prabowo-Gibran Memimpin dalam Persaingan Capres 2024

Survei Terbaru 5 Lembaga Survei: Pasangan Prabowo-Gibran Memimpin dalam Persaingan Capres 2024

gosipbintang.com – Sebelum debat kedua yang akan berlangsung pada Jumat (22/12/2023) mendatang. Survei Terbaru 5 Lembaga Survei: Pasangan Prabowo-Gibran Memimpin dalam Persaingan Capres 2024.

Setidaknya 5 lembaga survei merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas capres 2024 Anies, Prabowo, dan Ganjar. Kelima lembaga survei tersebut menempatkan pasangan Prabowo-Gibran Memimpin dalam Persaingan Capres 2024

Dalam persaingan antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, masih belum dapat dipastikan siapa yang unggul menjelang debat capres kedua.

Hasil survei terbaru mengenai elektabilitas capres hari ini telah rilis setelah Debat Capres 2024 dan survei bulan Desember 2023. Terdapat beberapa hal menarik yang terungkap dari hasil survei tersebut.

Salah satu lembaga survei, yaitu Indometer, telah merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres terbarunya. Rilis tersebut di sampaikan pada Sabtu (16/12/2023), setelah debat capres yang berlangsung pada 12 Desember 2023.

Meskipun survei Indometer dilakukan pada 1-7 Desember 2023, hasilnya menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di posisi pertama.

Pasangan calon nomor urut 02 berhasil memperoleh 50,8 persen dukungan, diikuti oleh pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan 22 persen.

Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD memperoleh 21,2 persen dukungan dan bersaing ketat dengan pasangan nomor urut 01.

Sebanyak 6 persen responden masih belum menentukan pilihan mereka.

Survei Indometer dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden dari seluruh provinsi di Indonesia. Pemilihan responden dilakukan secara acak dengan metode survei bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error dari survei ini sekitar 2,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei Terbaru LSI Denny JA

Dalam survei yang dirilis pada Bulan Desember, terdapat perbandingan hasil dari beberapa lembaga. Salah satunya adalah survei dari LSI Denny JA.

BACA JUGA:  Link Streaming Resmi Nonton Debat Terakhir Capres-Cawapres 2024

Menurut survei ini, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebesar 42,9 persen.

Di ikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Menariknya, kedua pasangan tersebut memiliki jumlah pemilih yang sama, yaitu 24 persen. Ganjar-Mahfud memiliki perolehan suara sebesar 24,9 persen, sedangkan Anies-Muhaimin sebesar 24 persen.

Survei ini dilakukan oleh LSI Denny JA pada tanggal 20 November 2023 hingga 3 Desember dengan melibatkan 1.200 responden.

Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuisioner. Survei ini memiliki margin of error sekitar 2,9 persen.

Survei Terbaru Litbang Kompas

Litbang Kompas baru saja merilis hasil survei terbarunya pada Bulan Desember. Survei elektabilitas yang di lakukan oleh Litbang Kompas ini berlangsung dari tanggal 29 November hingga 4 Desember 2023.

Dalam survei tersebut, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berhasil unggul dengan perolehan suara sebesar 39,3 persen. Angka ini jauh lebih tinggi di bandingkan dengan dua pasangan calon lainnya, yaitu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar mendapatkan perolehan suara sebesar 16,7 persen dan berada di posisi kedua.

Sementara itu, sebanyak 28,7 persen pemilih masih belum menentukan pilihan mereka, yang di sebut sebagai undecided voters.

Pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD berada di posisi terakhir dengan perolehan suara sebesar 15,3 persen. Survei ini melibatkan 1.364 responden yang di pilih secara acak dari 38 provinsi di Indonesia.

Metode survei yang di gunakan memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error sekitar 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei ini sepenuhnya di danai oleh Harian Kompas.

BACA JUGA:  Real Count KPU: Pasangan Prabowo-Gibran Unggul di 36 Provinsi

Survei Terbaru Polstat

Data dari survei Polstat menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 43,5 persen suara, sementara pasangan Ganjar-Mahfud MD mendapatkan 27,2 persen suara.

Selain itu, pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan dukungan sebesar 25,8 persen. Terdapat juga sebanyak 3,5 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Survei ini di lakukan oleh Polstat Indonesia dalam periode 27 November hingga 5 Desember 2023 di 38 provinsi di Indonesia.

Sampel yang di ambil sebanyak 1.200 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat.

Survei ini memiliki margin of error sebesar 95 persen.

Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia

Indikator Politik Indonesia baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres terbaru. Menurut hasil survei tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi teratas di bandingkan dua pasangan calon lainnya.

Survei ini di lakukan setelah masa kampanye resmi di umumkan oleh KPU RI, yaitu pada tanggal 23 November hingga 1 Desember 2023.

Hasilnya menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran memperoleh dukungan sebesar 45,8 persen, di ikuti oleh Ganjar-Mahfud MD dengan 25,6 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 22,8 persen.

Sementara itu, sebanyak 5,9 persen pemilih masih belum menentukan pilihan mereka. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden dari berbagai provinsi.

Namun, terdapat 15 provinsi yang di ambil lebih banyak daripada daerah lainnya, sehingga total responden yang terlibat dalam survei ini mencapai 5.380 orang.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel sebesar 1.200 responden memiliki toleransi margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei Terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kembali memimpin dalam survei yang rilis oleh LSI, pada hari Minggu (10/12/2023).

BACA JUGA:  Berbeda Pandangan Soal Pilpres 2024, Stefanus Gusma Ikuti Jejak Bang Ara Pamit dari PDIP

Berdasarkan informasi yang di terima dari TribunWow.com, pasangan calon nomor urut 02 berhasil meraih 45,6 persen suara.

Sementara itu, pasangan calon Ganjar Pranowo – Mahfud MD mendapatkan 23,8 persen suara dan Anies Baswedan mendapatkan 22,3 persen suara.

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa Prabowo mengalami peningkatan yang signifikan di bandingkan bulan sebelumnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengalami penurunan sedangkan Anies Baswedan mengalami peningkatan.

Survei ini di lakukan oleh LSI secara nasional pada tanggal 3-5 Desember 2023 dengan menggunakan metode random digit calling (RDD) untuk pemilihan sampel.

RDD adalah teknik pemilihan sampel dengan cara memilih nomor telepon secara acak.

Dalam survei ini, sebanyak 1426 responden di pilih sebagai sampel melalui proses pemilihan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei ini di perkirakan sekitar 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden di lakukan melalui telepon oleh pewawancara yang telah di latih.

Demikianlah hasil survei mengenai elektabilitas calon presiden terbaru setelah Debat Capres 2024 dan hasil survei bulan Desember 2023. Survei Terbaru 5 Lembaga Survei: Pasangan Prabowo-Gibran Memimpin dalam Persaingan Capres 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *